Tag

, , , ,

Tahun ini, aku harus mengoptimalkan tiap detik hidupku untuk kemajuan. Usia bertambah, kebijaksanaan harus ditingkatkan, pengalaman dan pembelajaran hidup sudah diberikan.

Aku bersyukur di usiaku yang masih 25, aku sudah melewati pengalaman yang tidak normal, dalam artian tidak semua orang berusia sama sepertiku pernah mengalaminya.

Sekarang, waktunya naik kelas. Waktunya mengalahkan ego, musuh terbesar yang selalu aku lihat dalam refleksi cermin diriku.

Keras kepala adalah karakter dominanku, dalam beberapa hal ini sebetulnya baik, tapi tidak semua hal harus dihadapi dengan keras kepala.

Sebagai pimpinan perusahaan, di 2012 aku telah jatuh, mengalami kesulitan finansial, kehilangan fokus dan ditipu, namun apa yang telah kami dapatkan melampaui semua penderitaan, divisi Event Organizer berhasil membukukan pendapatan senilai 300 juta rupiah di kwartal IV 2012.

2013 akan menjadi babak baru bagiku dan perusahaan, tahun 2012 telah menjadikan kami lebih matang, lebih siap, dan lebih bertenaga. Kami siap bersaing sekarang, kami tahu apa saja yang dibutuhkan untuk menjadikan kami grup perusahaan kelas dunia.

Kwartal I tahun 2013, aku akan memfokuskan perusahaan untuk membenahi sistem dan struktur internal. Kami telah merencanakan untuk mendatangkan konsultan ahli dari organisasi PUM Netherland Senior Experts.

Selain itu, perusahaan akan kembali fokus pada bidang pariwisata, bidang yang dulu telah menjadi pondasi awal perusahaan.

Kami menargetkan penjualan tiket pesawat bisa menembus angka 150 juta rupiah di kwartal I melalui optimalisasi social marketing, kerjasama strategis dengan pemerintah lokal, dan perusahaan – perusahaan di area PLTU Paiton.

Perusahaan juga akan mulai menarik konsumen – konsumen lama di bidang pariwisata, bulan Januari 2013, kami sudah mendapatkan order paket wisata untuk karyawan salah satu perusahaan swasta di Probolinggo dengan jumlah peserta 500 orang.

Penjajagan bidang usaha baru juga telah dibukukan di agenda perusahaan, divisi supplier bahan baku makanan dan pengolahan besi. Walaupun tidak menjadi fokus utama, di akhir kwartal II 2013 divisi pengolahan besi ditargetkan menghasilkan pendapatan 1,5 miliar rupiah.

Divisi supplier bahan baku makanan, daging bebek khususnya tidak ditargetkan untuk menjadi salah satu fokus perusahaan. Dikarenakan santernya isu flu burung, yang bisa jadi kelemahan utama divisi ini.

Selain itu, sudah menjadi tradisi keluargaku yang berdarah Cina untuk menghindari berbisnis dengan barang hidup. Ada alasan logis di balik itu, barang hidup seperti binatang atau tumbuh – tumbuhan sangat sulit dikendalikan apabila menyangkut penyakit, tidak ada seorang pebisnis pun yang sanggup mengendalikannya. Kalaupun bisa, berhasil menyembuhkannya, dia tidak akan sanggup merubah opini publik, memberikan rasa aman kepada publik untuk mengkonsumsinya.

Kwartal I 2013, perusahaan juga memiliki fokus untuk bisnis jangka panjang. Perusahaan berhasil memperoleh hak guna pakai lahan PERHUTANI seluas beberapa hektar di daerah Kabupaten Probolinggo. Lahan ini akan dioptimalkan untuk penanaman kayu sengon, penanaman benih akan dilakukan pada Februari 2013 dan diharapkan mulai memberikan cash flow positif terhadap perusahaan di tahun 2018.

Tahun baru berarti semangat baru bagi perusahaan, semangat untuk tak terkalahkan di berbagai bidang. Untuk itu, aku telah memilih tagline baru THE RISING SPIRIT untuk merepresentasikan semangat perusahaan.

KAENDRA ~ THE RISING SPIRIT